ads

Nasional

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sebagaimana tercantum pada pertimbangan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, “kesehatan adalah hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia”, serta pada Pasal 1 (1) yang menyatakan bahwa kesehatan merupakan faktor penting bagi manusia untuk dapat hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua, Pasal 59 (3), dinyatakan pula bahwa setiap penduduk Papua memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
Ketetapan dalam Undang-Undang tersebut mencerminkan bahwa kesehatan merupakan masalah yang penting untuk ditanggapi oleh kita semua. Penetapan kebijakan oleh pemerintah menunjukkan bagaimana komitmen negara dalam menanggulangi masalah tersebut. Namun demikian, pengejawantahan peraturan mengenai pelayanan kesehatan ini belum berjalan secara maksimal.
Situasi kesehatan di papua. Kasus HIV/AIDS yang mebawah di tanah Papua menunjukkan sebuah realitas yang tidak terbantahkan bahwa lambat namun etnis Papua akan punah.

 Secara nasional Propinsi Papua urutan 2 (kedua) setelah DKI Jakarta. Kasus HIV/AIDS Papua mempunyai korelasi yang erat dengan perilaku seks, yakni berganti-ganti pasangan. Perilaku seks yang tidak bertanggung jawab mencerminkan lunturnya nilai-nilai religius renggangnya kontrol sosial.
 Situasi kekuasaan. Papua adalah wilayah Indonesia Timur. Namun Papua berada dalam NKRI, muncul kelompok pro dan kontra di karangan rakyat. Masing-masing kelompok berjuang untuk kepentingannya. 
Pemerintah Indonesia dengan rakyat Papua yang pro bersatu melawan tokoh-tokoh dan rakyat Papua yang anti integrasi. Pemerintah Indonesia dan militer membentuk kelompok-kelompok pejuang Indonesia yang beranggotakan rakyat Papua untuk melawan rakyat Papua anti Indonesia.
 Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat kita sadari bahwa masalah kesehatan, khususnya untuk konteks di Papua, merupakan masalah besar yang perlu mendapat perhatian kita bersama. 
Perlu digagas sekaligus diejawantahkan strategi-strategi baru dalam menanggulangi masalah tersebut dalam rangka mensiasati kekurangan atau kelemahan dari aksi-aksi yang telah sempat dilakukan, baik oleh pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya.
 Goo_Koteka_Che 
Sumber Foto: http://cloud.papua.go.id.
Sumber Foto: http://cloud.papua.go.id.



Goo koteka

GOO KOTEKA Adalah Aktivis Hak Asasi Manusia yang Khusus Memperjuangkan Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua. Melalui web ini ingin Mengaspirasikan Penderitaan Rakyat dibawah Penjajahan Kolonialisme,Kapitalisme dan Militerisme. FREEDOM WEST PAPUA.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top