ads

Nasional

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


Ft:pribadi Goo Koteka
sesungguhnya setradisional apapun sebuah komunitas (masyarakat), tentunya mempunyai sistem pengetahuannya sendiri. pengetahuan itu berkembang dari waktu-kewaktu sejalan dengan perkembangan masyarakat itu sendiri. dalam masyarakat adat, yang tidak mengenal pengaruh kebudayaan asing (pendidikan Formal), pengetahuan yang di perolehnya kebanyakan secara alami. artinya, mereka menerima pengetahuan dari alam sesuai dengan pengamantan dan pengalamannya, yang dapat di wariskan dari generasi ke generasi.

mereka juga mendapat pengetahuan dari kebudayaan (tradisi) yang dianutnya yang di wariskan dari generasi ke generasi.

orang tua saya juga dalam sejarahnya, mulai dari keberadaannya hingga perkembangannya mempunyai sistem pengetahuannya sendiri sesuai dengan pengalaman dan pengamatannya, yang diwariskan dari generasi ke generasi, yang dari waktu ke waktu terus bertambah. pengetahuan antara lain; metode pengobatan penyakit dengan obat tradisional, penentuan musim, pengetahuan akan sifat manusia, cari budidaya tanaman, dan lainnya.

semuanya adalah pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua saya.
dalam gempura pengetahuan modern ini, pengetahuan tradisional juga sangat diperlukan sehingga perlu di pertahankan. soalnya, banyak pengetahuan modern yang tidak menjawab permasalahan yang dihadapi oleh manusia papua dan tidak memenuhi banyak kebutuhan manusia.

sementara itu banyak masalah di zaman modern yang dapat diatasi dengan pengetahuan tradisional. misalnya, pengobatan penyakit,. ada beberapa penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan metode pengobatan modern, tetapi dapat di sembuhkan dengan pengobatan tradisional (sesuai dengan pengetahuan tradisional). jadi masyarakat saya perlu menerima pengetahuan modern, tetapi pada saat yang sama perlu melestarikan pengetahuan tradisional yang telah dianut oleh nenek moyangnya.

Goo Koteka,5/23/2016

Goo koteka

GOO KOTEKA Adalah Aktivis Hak Asasi Manusia yang Khusus Memperjuangkan Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua. Melalui web ini ingin Mengaspirasikan Penderitaan Rakyat dibawah Penjajahan Kolonialisme,Kapitalisme dan Militerisme. FREEDOM WEST PAPUA.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top