ads

Nasional

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


foto doc:Goo Koteka
Penguasa pemerintah kolonial indonesia ingin mempertahan papua kedalam republik indonesia berbagai kasus kejahatan kemanusiaan di lakukan oleh penguasa melalui kekuatan militer untuk menumpas rakyat papua penuh dengan kekerasaan  kekuatan militer di papua barat.

Pada tanggal 19 desember 1961,soekarna mengumandangkan TRIKORA di alun-alun utara jogyakarta dengan tujuan untuk mengagalkan pembentukan negara papua barat yang telah di deklarasikan pada 1 desember 1961.TRIKORA merupakan ekspresi awal penjajah indonesiaatas negara papua barat yang faktanya bukan bentukan belanda.

Realisasi dari isi trikora, soekarno sebagai panglima besar komando tertinggi pembebasan irian barat (sekarang papua) mengeluarkan keputusan presiden No.1 Tahun 1962 yang memerintahkan kepada panglima komando mandala,Mayor Jendral Soeharto untuk melakukan operasi militer dengan nama Operasi mandala ke wilayah papua barat untuk merebut wilayah itu di tangan belanda.

Akhirnya di lakukan beberapa gelombang operasi militer di papua dengan satuan militer yang di turunkan untuk operasi lewat udara dalam fase infiltrasi seperti operasi banten kedaton,operasi garuda,operasi serigala,operasi kancil,operasi naga,operasi rajawali, operasi lumbung,operasi jatayu,operasi lewat laut adalah operasi shouw of fase,operasi cakra,dan operasi lumba-lumba. Sedangkan pada fase eksploitasi di lakukan operasi jayawijaya dan opersai khusus (opsus). Melalui operasi ini wilaya papua barat di duduki,dan di curigai banyak orang papua yang telah di bantai pada waktu itu.

Penguasa pemerintah indoensia,aparat TNI/POLRI yang menduduki tanah papua dan menjajah orang aski papua ini akan membuka mata dan harus berfikir ulang tentang klaim tentang west papua selama ini sejak 1 mei 1963 sampai sekarang.klaim dengan penuh tirani kekerasaan,manipulasi,pembohongan di tanah papua semakin terbuka dan menjadi tidak menjadi rahasia umum.

Orang papua mati hanya karena permainan pemerintah kolonial melalui  aparat negara TNI/POLRI yang ujung-ujung mempertahankan papua kedalam republik indonesia agar dengan seenaknya dijajah,dikejar,ditangkap,di penjarahkan bahkan di bunuh habis-habisan.

Dalam 55 tahun papua bersama dalam NKRI saja pemerintah kolonial indonesia bersama kekuatan militer telah menghabiskan orang papua lebih dari 800.000.000 jiwa sementara kandungan alam saja di kuras habis-habisan,manusianya di miskinkan dan di marginalkan dengan sistem negara indonesia.
Dan berbagai kasus kejahatan terhadap kemanusiaan yang di lakukan militer indonesia terhadap kami rakyat papua lainnya yang tidak terhitung jumlahnya.

Maka berikanlah kami kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri bagi rakyat papua sebagai solusi demokratis.

Dengan ini,seluruh rakyat west papua untuk bersatu dan berjuang merebut cita-cita pembebasan sejati rakyat dan bangsa papua barat.

Penulis Goo koteka Aktivis Papua Merdeka, angota aliansi mahasiswa papua komite kota jogyakarta.

Goo koteka

GOO KOTEKA Adalah Aktivis Hak Asasi Manusia yang Khusus Memperjuangkan Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua. Melalui web ini ingin Mengaspirasikan Penderitaan Rakyat dibawah Penjajahan Kolonialisme,Kapitalisme dan Militerisme. FREEDOM WEST PAPUA.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top