ads

Nasional

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

yesaya koteka goo

 Permasalahan kesehatan seperti tercatat pada bagian kronik,masih tetap memperlihatkannya tingginya angka penderita penyakit endemik seperti malaria di papua.

Kemudian adanya keluan tentang sarana medis yang minim. Yang menyerangkan bahwa tidak tersedianya fasilitas medis yang sangat dasar justru terjadi di rumah sakit kota seperti RSUD di biak dan jayapura papua.

bila perkotaan yang mudah di jangkau saja mengalami kekurangan peralatan medis, maka dapat di banyangkan bagaimana dengan kondisi pusat-pusat pelayanan kesehatan yang terletak di kampung-kampung dana daerah terpencil tanah papua yang sudah sejak lama serba kekurangan dalam segala hal.asmat,walaupun telah status berkembang menjadi salah satu kabupaten sendiri,tidak berarti merubah status sebagai daerah terpencil sehingga mudah mendapatkan peningkatan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sedangkan HIV/AIDS tetap menjadi bahaya lainnya terhadap derajat kesehtan masyarakat di papua. Minimnya sarana medis,tenaga maupun obat-obatan jelas menhambat terpenuhinya hak masyarat unutuk mendapat pelayanan kesehatan yang memadai.

Kovenan hak ekonomi,social,budaya, pasal 12 ayat 1 2a,b mengatur:”Negara mengakui hak setiap orang untuk menikmati standar tertinggi yang dapat di capai atas kesehatan fisik dan mental;melalui pencegahan,pengobatan dan pengendalian segala penyakit menular,endemik, penyakit lainnya yang berhubungan yang pekerjaan, dan penciptaan kondisi-kondisi yang akan menjamin semua pelayanan dan perhatian medis dalam hal sakitnya seseorang”
 

Penulis mahasiswa papua  kuliah AMA DHARMALA.Jogyakarta, manajemen administrasi kesehatan di rumah sakit.

Goo koteka

GOO KOTEKA Adalah Aktivis Hak Asasi Manusia yang Khusus Memperjuangkan Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua. Melalui web ini ingin Mengaspirasikan Penderitaan Rakyat dibawah Penjajahan Kolonialisme,Kapitalisme dan Militerisme. FREEDOM WEST PAPUA.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top