ads

Nasional

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Foto doc:Goo Koteka

deklarasi Negara Papua Barat sejak 1 Desember 1961, nyatanya tidak diakui oleh Indonesia dengan beberapa klaim yang tidak berdasar sama sekali, wujud dari tindakan Indonesia yang tidak mengakui pembentukan Negara Papua dilakukan dengan Investasi Militer Indonesia yang dilakukan sejak dikeluarkan TRIKORA (tiga komando rakyat), pada tanggal 19 desember 1961 di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Mobilitasi kekuatan Militer dilakukan untuk mengagalkan Negara, yang baru berumur 18 hari tersebut. Berbagai Operasi militer dilancarkan untuk menganeksasikan papua barat kedalam pangkuan Indonesia.

15 Agustus 1962 lahirnya persatuan New York yang mengatur tentang pemerintahan sementara di papua dan mempersiapkan pelaksanaan hak menentukan nasib sendiri solusi demokratis bagi rakyat papua. Kemudian pada bulan juli-agustus 1969 dilaksanakan tindakan pilih bebas bagi rakyat papua, yang oleh Indonesia dinamakan penentuan pendapat rakyat (PEPERA). Pelaksanan PEPERA dilakukan di bawah tekanan, terror dan intimidasi oleh militer Indonesia.

Walau Indonesia berhasil mengagalkan berdirinya Negara Papua dan memaksakan Rakyat Papua untuk mengabung dengan Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI), perjuangan untuk mewujudkan terbentuknya sebuah Negara Papua tidak akan pernah surut. Berbagai pergantian rezim penguasa di indonsia, mulai dari rezim Militeristik  Soeharto hingga Rezim SBY-boediono tidak mampu gejolak meredam perlawanan Rakyat Papua BARAT. berbagai kebijakan saat ini seperti otonomi khusus, Pemekaran, OTSUS plus dan Unit Percepatan Pembangunan Propinsi Papua dan Papua Barat (UP4B) tidak mampu meredam keinginan rakyat papua untuk mendirikan sebuah Negara.

Maka, bawah persoalan yang dihadapi oleh rakyat papua saat ini bukan persoalan kesejateraan dan kesenjangan sosial atau persoalan ketidaksetaraan ekonomi, tapi yang menjadi dasar persoalan Rakyat Papua saat ini adalah Identitas Rakyat Papua sebagai sebuah Bangsa yang tidak dapat diselesaikan dengan berbagai kebijakan Negara Indonesia di Tanah Papua.

Goo Koteka,Asdo 22/8/15
on time:9:05

Goo koteka

GOO KOTEKA Adalah Aktivis Hak Asasi Manusia yang Khusus Memperjuangkan Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua. Melalui web ini ingin Mengaspirasikan Penderitaan Rakyat dibawah Penjajahan Kolonialisme,Kapitalisme dan Militerisme. FREEDOM WEST PAPUA.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top