ads

Nasional

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

foto doc:fb rago
Oleh: Goo Rafael

Manusia pada hakekatnya merupakan makhluk istimewa, atas keberadaan dirinya yang bermoral dan bermartabat. Dari adanya moral dan martabat inilah, manusia dalam pembangunan memiliki nilai penting dan yang berarti harus dilealisir. Sejauh manusia diperhadapkan dengan segala harapan dalam linangan air mata, karena gelap ataupun karena tak mampu hidup oleh ketidak-berdayaannya ini. Dan di sinilah tempat yang layak, mewujudkan sebuah penghormatan terhadap insan berjiwa (manusia). Dengan usaha membanguan manusia sebagai aksi dan karya nyata terhadap manusia itu sendiri. Dengan itu, Entah apa dan bagaimana pun juga manusia mempunyai keutamaan dan itulah yang disebut hak dasariah dan mengandung nilai asasi yang luhur. Sehingga selayaknya manusia itu harus dilepaskan dari dunia terbelenggu dalam nestapa. Artinya manusia tidak sama dengan binatang dan barang tertentu yang dipakai habis dan digadai dengan murahan. Demikianlah manusia itu ada sebagaimana ada untuk hidup sebagai manusia secara pantas.

Berdasarkan hal di atas, maka tentang manusia harus dikaji secara mendalam dan dibangun kembali dari segala peraktek-peraktek yang dihalaunya. Baik secara langsung juga tak langsung manusia harus dikembalikan kepada kodratinya, keharmonisanya, perikehidupanya maupun kebebasan untuk dijalaninya. Bahwa, tidaklah layak kalau manusia lain menangis di tengah bidang-bidang kehidupannya karena dibohong, ditipu dan dilalaikan dari apa yang diharapkan dan didambahkan . Artinya, tanpa mengenal bulu dan SARA (Suku, Agama, Ras dan Adat-istiadat) harus melayani serta mengabdikan kepada manusia siapapun dia dalam setiap-tiap bidang hidupnya. Kerena yang penting dan terpenting adalah manusianya, dan atas buta huruf dan buta aksara terhadap manusia harus dihapuskan melalui pendidikan yang berkualitas. Dan melalui Ekonomi manusia harus dihapuskan dari kemiskinan dan kemelaratan, untuk memperoleh kesejahtraan dan kehidupan yang pantas sebagai manusia. Begitu pun dalam bidang lainnya, seperti dalam Agama, agama bukanlah sekedar kewajiban belaka dalam keberimanan melainkan suatu keharusan yang harus dihantar pribadi manusia kepada ke-Ilahian.

Bagaimana membangun manusia dengan kolektif dan berkesinambungan, adalah sebuah masalah universal dan topik utama masa kini di dunia nyata kita. Dengan adanya kekacauan yang tiada akhir dan terus menjadi potensial di kelas kualitas tinggi, yang tidak mampu membangung secara akal manusiawi. Untuk itu, tindak mencari solusi atas problema ini dalam menyelesaikannya pun harus pula secara sadar dan memiliki penuh kewaspadaan dan harus dengan tangguh serta mampu yang melekat secara radikal. Ini membutuhkan tindakan kerja yang penuh membatin, keluar dari batin dalam pengabdian pasti menghasilkan hasil yang semaksimal mungkin bahkan secara penuh sesuai harapan atas pengabdiannya. Pengabdian yang membatin pasti mengalami pengorbanan, entah pengorbanan terhadap waktu, tempat hingga tenaga pun bisa korban nyawa. Tetapi itu bukanlah sesuatu yang ditakuti untuk kerja dan berkarya melainkan tindakan penyerahan diri yang total walau mulia. Karena sebuah karya yang membatin merupakan suatu panggilan mulia terhadap pribadi seseorang yang hendak melakukanya. Bahwa dunia sekarang membutuhkan orang yang mampu membangun manusianya tetapi secara kolektif dan berkesinambungan. Yang sedang mengantar manusia pada suatu kehidupan yang bertarak multidimensi.

Dengan demikian, kita harus heran atas kehidupan ini, terhadap yang dialami, dilihat maupun diketahui secara kertas dan layar televisi atau media lainya.selanjutnya manusia harus tunduk pada kerja sebagai pengabdian itu sendiri. Baik pengabdian pada diri pribadi dan atau melangkah untuk mengabdikan diri pada yang lain. Untuk membangun manusia dan mengantar mereka pada taraf kehidupan yang disanjunginya. Kerena yang terpenting adalah pembangunan manusianya di balik pembangunan yang lainnya.

Goo koteka

GOO KOTEKA Adalah Aktivis Hak Asasi Manusia yang Khusus Memperjuangkan Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua. Melalui web ini ingin Mengaspirasikan Penderitaan Rakyat dibawah Penjajahan Kolonialisme,Kapitalisme dan Militerisme. FREEDOM WEST PAPUA.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top