ads

Nasional

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


by makimee goody


interdisipliner belajar anak-anak muda Papua kini masih minim dan dalam pengabsenan. Padahal impian dan cita-cita mereka sangat tinggi seperti PAILOT, DOKTER, DPR dan lain-lainya. Sekarang masalah belajar bagi seorang anak muda Papua, sebenarnya hal yang pantas ditingkatkan dangan kualitas yang membedah dengan orang non Papua, mencari makan dan hidup di sini. Artinya, orang Muda Papua yang harus tahu, mau dan mampu untuk mengajar kepada mereka, para Amber. Kalau memang orang Papua yang mengajar kepada mereka berarti orang Papua harus belajar dan terus belajar dan terus bergumul. Sebuah istilah 'masa depan bangsa' harus diwujudkan sekarang tetapi jangan dengan kekerasan dan fisik/emosional. Tetapi harus bermain pakai otak, yang ilmiah, rasionalitas dan watak secara berpikir yang dewasa dan akurat.

Orang yang kerjanya bermain pakai fisik dan emosional adalah orang yang tidak ada pengetahuan. Sehingga kualitas terhadap pengetahuan ilmiah harus dirasionalisasi pada setiap tiap anak Papua, agar mereka memiliki pengetahuan tinggi. Dengan tindak belajar interdisipliner terhadap segala ilmu pengetahuan. Baik pengetahuan yang berasal dari dunia formal (kampus-sekolah) maupun yang non formal (di luar dari kampus/sekolah).

Dengan meminimnya pendidikan anak muda Papua sekarang maka sekarang mereka harus dialihkan atau dikukuhkan ke tindak pembelajaran interdisiplioner terhadap segala ilmu-ilmu hidup dan mengembangkan hidup tanpa mengharap kepada orang lain. Setiap anak Papua harus belajar mandiri, belajar bertanggung-jawab, belajar model tuan rumah yang mampu mempertahankan rumahnya dan negerinya. Belajar menghargai, belajar berdoa dan ke gereja, belajar ilmu jiwa dan martabat pentingnya nilai manusia, belajar bertapa dan meditasi, dll.
Semua yg dilakukan di atas adalah sesuatu yg sangat penting. Karena sangat penting, membutuhkan tindakan pembelajaran interdisipliner. Interdisipliner adalah disiplin ilmu pengetahuan
"MAKIME

Goo koteka

GOO KOTEKA Adalah Aktivis Hak Asasi Manusia yang Khusus Memperjuangkan Penentuan Nasib Sendiri Bagi Rakyat Papua. Melalui web ini ingin Mengaspirasikan Penderitaan Rakyat dibawah Penjajahan Kolonialisme,Kapitalisme dan Militerisme. FREEDOM WEST PAPUA.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top